Juknis Aplikasi Prakondisi PLPG untuk Sertifikasi Guru 2017

$alt
Petunjuk teknis ini merupakan panduan bagi peserta dan instruktur pendamping atau mentor dalam menggunakan aplikasi Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG).

Seiring perkembangan teknologi, para guru pun harus akrab dengan metode berbasis daring atau online. Tidak hanya dalam pembelajaran di kelas, bahkan pelatihan untuk sertifikasi guru 2017 juga dilakukan secara daring. Sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2017 terdiri atas tiga tahap, yaitu penetapan peserta; prakondisi; dan pelaksanaan PLPG.  Guru-guru yang mengikuti sertifikasi tahun 2017 akan mendapatkan pembekalan materi secara daring selama dua bulan dalam tahap prakondisi. Pengiriman laporan selama pembekalan juga dilakukan secara daring.

Tahap prakondisi PLPG merupakan rangkaian kegiatan berupa pembekalan awal yang harus diikuti semua peserta sertifikasi guru tahun 2017. Tujuan tahap prakondisi ini adalah menyiapkan guru dalam mengikuti PLPG 2017 dengan belajar secara mandiri dan aktif. Agar peserta dapat mengikuti tahap prakondisi dengan baik, Kemdikbud  mengeluarkan Petunjuk Teknis Aplikasi Prakondisi/Pembekalan Awal PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan 2017.

Petunjuk teknis atau juknis ini merupakan panduan bagi peserta dan instruktur pendamping atau mentor dalam menggunakan aplikasi Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). Baik peserta maupun mentor dapat menggunakan aplikasi KSG ini dengan mengunjungi alamat https://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan. Mentor yang ingin masuk aplikasi KSG harus memasukkan akun (username) dengan nomor registrasi instruktur dan sandi dari registrasi akun instruktur. Sementara itu, guru yang ingin masuk aplikasi KSG harus memasukkan nomor peserta dan sandi yang telah didapatkan dari LPMP-Dinas.

Ada dua panduan yang tertulis dalam juknis Aplikasi Prakondisi Sertifikasi Guru 2017, yaitu panduan untuk mentor dan guru (peserta). Berikut ini garis besar panduan yang tertulis dalam juknis Aplikasi Prakondisi/Pembekalan Awal PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan 2017.

1.    Panduan untuk Mentor

Panduan untuk mentor ini meliputi pengenalan menu dan penggunaan aplikasi KSG untuk mentor. Menu yang terdapat dalam aplikasi KSG untuk mentor meliputi dashboard, kelas (yang berisi menu forum dan laporan kemajuan), serta lampiran referensi. Cara penggunaan yang tertulis pada juknis meliputi: cara login; melakukan proses mentoring secara daring; mengaktifkan menu laporan (membuat jadwal pelaporan, petunjuk pembuatan laporan, dan referensi yang harus digunakan guru); mengunggah materi belajar tambahan sebagai lampiran referensi; mengunduh dan menilai laporan yang dikumpulkan oleh peserta/guru; memberi nilai dan masukan/komentar pada laporan yang dikumpulkan; memperbarui informasi atau sandi pada akun mentor; serta cara logout.

2.    Panduan untuk Guru

Panduan untuk guru ini meliputi pengenalan menu dan penggunaan aplikasi KSG untuk peserta sertifikasi 2017. Menu untuk akun guru meliputi dashboard dan kelas (yang berisi menu forum dan laporan kemajuan). Cara penggunaan yang tertulis pada juknis meliputi: cara login; mengikuti proses mentoring secara daring; mengunggah laporan kemajuan; melihat tanggapan mentor; memperbarui informasi atau sandi pada akun mentor; serta cara logout.

 
Berikut link download Modul Pembekalan PLPG 2017

Petunjuk Teknis Aplikasi Pra Kondisi PLPG 2017 rev5 .pdf

Related Artikel